Sport

Rossi Luncurkan Tim Moto3 “VR46”

Dirilis oleh (A) - Kamis, 26 September 2013 | 16:59:17 WIB - 494 kali tayang

Fakta Indonesia.com Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi secara terbuka mengumumkan peluncuran tim Moto3 miliknya. Tim bernama VR46 yang akan memakai mesi KTM tersebut sudah mendapat dukungan sponsor dari perusahaan Sky Italia. Tim ini akan bersaing di balapan Moto3 tahun 2014 mendatang. Nama rider pun sudah dipastikan, salah satunya adalah Romano Fenati yang kemungkinan akan bertandem dengan adik tiri Rossi, Luca Marini.

Rumor terkait Rossi menjadi bos tim Moto3 tersebut sebelumnya sudah beredar beberapa bulan terakhir. Meski pada bulan Agustus lalu, Rossi sempat menegaskan dia cuma memberikan dukungan melalui akademi rider "VR46" untuk memberikan dukungan kepada rider muda Italia. Namun nyatanya, dia memberikan dukungan lebih besar dengan membentuk tim Moto3 secara langsung.

Seperti dilansir SportMediaset, Federasi olahraga balap motor Italia siap membantu mencari pembalap buat tim Rossi tersebut. Dia adalah Romano Fenati, pembalap yang pernah disponsori oleh San Carlo.

Televisi SKY Italia akan menjadi sponsor proyek baru yang sedang dikerjakan oleh Valentino Rossi. Sedangkan mesin motor yang dipakai adalah dari KTM. Pemilihan ini juga sudah dipertimbangkan secara matang karena KTM sejauh ini sudah menjuarai balapan Moto3 dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami telah menjalin kerjasama dengan Sky untuk tujuan memberikan dukungan dan kesempatan kepada rider Italia agar bisa bersaing dan mencapai level tertinggi dalam dunia balapan," kata Rossi seperti dilansir crash.net.

Meski baru satu pembalap yang sudah pasti yaitu, Fenati, namun adik tiri Rossi, Luca Marini diperkirakan akan menjadi calon rekan setim Fenati. Luca Marini sendiri saat ini menempati peringkat ketiga di klasemen Moto3 Italia. Dia juga merasakan debut balapan di Moto3 sebagai pembalap wildcard saat digelar balapan Moto3 di Misano meski dia terjatuh di tikungan pertama balapan debutnya itu.

Rossi berharap timnya bisa bersaing di kompetisi Moto3 tahun depan, seluruh calon peserta musim depan saat ini masih sedang dievaluasi dan akan segera diumumkan daftar tim baru yang akan bersaing musim depan setelah digelarnya pertemuan di sela digelarnya MotoGP Malaysia Oktober mendatang.

Meski demikian, seperti dilansir situs resmi MotoGP, tim baru VR46/Sky team dinyatakan telah lulus proses seleksi. "Tim telah resmi masuk dalam daftar resmi tim pendaftar yang ada di penyelenggara MotoGP dan FIM, serta pemegang hak komersial Dorna Sports untuk bersaing di kelas Moto3."

Dengan hadirnya tim Moto3 milik Rossi ini maka The Doctor tak sekadar ikut balapan MotoGP saja di musim depan. Dia juga jadi bos dari sebuah tim Moto3 buatannya. Pembalap senior asal Italia itu kini semakin aktif untuk memberikan dukungan kepada para pembalap muda. Sebelumnya dia rajin memberikan bimbingan balap melalui akademi rider VR46 di Italia.

Rossi dan tim VR46 Racing atau tim VR46 merupakan satu di antara 17 tim yang telah mendaftarkan kepesertaan mereka sejak menjelang digelarnya MotoGP San Marino, Jumat (13/9/2013) lalu. Karena batas waktu pendaftaran tim baru Moto3 yang ditentukan oleh Komite Grand Prix Selection itu tanggal 13 September. Bahkan tim Moto3 yang didaftarkan Rossi tersebut telah resmi diterima pendaftarannya.

Komite Seleksi akan menilai dan meloloskan tim mana saja dari yang telah mendaftar diperbolehkan ikut di persaingan Moto3 tahun depan. Ini merupakan tugas dari Komite yang anggotanya adalah orang-orang yang berasal dari Asosiasi tim balap motor Internasional dan juga pihak promotor Dorna.

Setelah diterima, tim baru Moto3 milik Rossi tersebut harus memenuhi persyaratan berikutnya yang telah ditentukan di antaranya harus menyimpan sejumlah uang sebagai "security deposit" pada tanggal 11 Oktober mendatang. Ini diperlukan untuk syarat jaminan mereka dengan daftar beberapa orang pembalap yang mereka ajukan.

Berdirinya tim VR46 Racing ini adalah langkah baru dari mantan juara dunia itu untuk melakukan regenerasi pembalap di kampung halamannya setelah pada beberapa tahun sebelumnya, Rossi mendirikan Akademi Rider "VR46 Riders" di arena sirkuit motocross miliknya yang ada di Tavullia. Rossi sangat peduli untuk pembinaan pembalap muda berbakat.

Untuk musim pertamanya, tim Moto3 milik Rossi tersebut akan menggunakan dua buah motor dengan mesin dari KTM Moto3. Luca Marini bisa menjadi rider buat tim buatan Rossi itu jika dia tidak memutuskan untuk melanjutkan kerjasamanya dengan CEV untuk mendaptkan lebih banyak pengalaman.

Sebelumnya, Luca Marini telah menjalankan beberapa program termasuk program menjadi pembalap wildcard di kelas Moto3 beberapa kali. Selain itu, Rossi juga akan berkolaborasi dengan Federasi olahraga bermotor Italia untuk mencari para pembalap muda berbakat lainnya di Italia (A/Tirbun)